Rabu, 22 Februari 2012

SEJARAH SEPAK BOLA


Jan 14, '08 11:38 PM
untuk semuanya
Menurut Bill Muray, pakar sejarah sepak bola, dalam bukunya The World Game: A History of Soccer, sepak bola sudah dimainkan sejak awal Masehi. Saat itu, orang-orang di era Mesir Kuno sudah mengenal permainan membawa dan menendang bola yang dibuat dari buntalan kain linen. Sejarah Yunani Purba juga mencatat ada sebuah permainan yang disebut episcuro, permainan menggunakan bola. Bukti itu tergambar pada relief-relief di dinding museum yang melukiskan anak muda memegang bola bulat dan memainkannya dengan paha.

Sepak bola juga disebut-sebut berasal dari daratan Cina. Dalam sebuah dokumen militer disebutkan, sejak 206 SM, pada masa pemerintahan Dinasti Tsin dan Han, orang-orang sudah memainkan permainan bola yang disebut tsu chu. Tsu mempunyai arti "menerjang bola dengan kaki". Sedangkan chu, berarti "bola dari kulit dan ada isinya". Mereka bermain bola yang terbuat dari kulit binatang dengan cara menendang dan menggiringnya ke sebuah jaring yang dibentangkan pada dua tiang.

Jepang pun tidak mau ketinggalan. Sejak abad ke-8, konon masyarakatnya sudah mengenal permainan ini. Mereka menyebutnya sebagai Kemari. Bolanya terbuat dari kulit kijang berisi udara.

Yang menarik, ada legenda pada abad pertengahan. Konon saat itu, seluruh desa mengikuti satu permainan bola. Bola yang terbuat dari tengkorak, ditendang satu diantara warga ke arah desa tetangga. Kemudian, oleh si penerima bola di desa itu, bola dilanjutkan ditendang ke desa selanjutnya.

Tautan Bersponsor
Dapatkan fashion items dengan kualitas terbaik dari brand-brand International ternama di sini! Mango, Zara,Esprit dan banyak lagi....
 
Jual sandal dan sepatu CROCS berbagai type dengan harga murah sekali. Melayani eceran maupun grosir.
lagaleri menulis on Jan 16, '08
dari tulisan yang pernah ta' baca..di Inggris, sejarah sepakbola mereka..diawali sesudah perang (perang apa ya, lupa)..salah seorang pemimpin musuh dipenggal kepalanya..terus di tendang-tendang sebagai bentuk kemenangan mereka...eh, yang nendang girang..trus jadi sebuah permainan....
p1p1moe menulis on Jan 16, '08
hehehehe...iya memang itu ada...kalau itu katanya ada di abad pertengahan, tengkoraknya ditendang dari satu desa ke desa lain....huiiiii...syeremmmm :(
ferrear menulis on Feb 28, '08
wah . .. kini ku tahu ......sejarah tentang sepak bola ..... tapi mbak ipi kalau suporter sepak bola itu pertama kalinya dari mana ya . . . .??? he.. . .he. . .he. ..
p1p1moe menulis on Feb 29, '08
ferrear} berkata
wah . .. kini ku tahu ......sejarah tentang sepak bola ..... tapi mbak ipi kalau suporter sepak bola itu pertama kalinya dari mana ya . . . .??? he.. . .he. . .he. ..
hihiihihiih....itu aku belum tahu dan cari mas ;p
depi` juga manusia ;p
rhuiiy menulis on Aug 20, '08
jdy, ngara yg ptma klimbuat praturan spak bola tu mna yha ??
p1p1moe menulis on Sep 2, '08
rhuiiy} berkata
jdy, ngara yg ptma klimbuat praturan spak bola tu mna yha ??
still don`t know ;p
rizalgl10 menulis on Sep 20, '08
berdasarkan pengetahuanku, yang pertama membuat peraturan sepak bola adalah negara Inggris. Liat deh di en.wikipedia.org/wiki/Soccer#History.
=================================================================

Visit for more comments.
p1p1moe menulis on Oct 30, '08
rizalgl10} berkata
berdasarkan pengetahuanku, yang pertama membuat peraturan sepak bola adalah negara Inggris. Liat deh di en.wikipedia.org/wiki/Soccer#History.
=================================================================

Visit for more comments.
heheheheh...tuh rhuiiyy....sudah dijawab wama mas rizalgi.....heheheheh

makasih tambahannya ya mas :)
algozi83 menulis on Nov 8, '08
sepak bola ada sejak zaman pitekantropus erectus,,dulu rekan mereka menjatuhkan buah dan menjadi rebutan yang akhirnya masuk mulut sang raja purba yang dikenal sekarang sebagai gawang, semua yang berebut merasa senang karena dapat memasukan buah dalam mulut gawang raja mereka heheheh gitu kali wkwkwekwkek...
p1p1moe menulis on Nov 22, '08
wew....iya ya :)
elangrade menulis on Nov 24, '08
hi...
salam kenal...
kebetulan gw lg cari referensi tentang sepak bola...
bs bantu ga...?
rocksttar menulis on Feb 21, '09
hebat coolz keren heboh....,,,!!!!!!

oya pendiri fifa siapa ya???
rocksttar menulis on Feb 21, '09
ada sebuah cerita tentag asal muasal permainan sepak bola......,,,
begini ceritrax......???

pada suatu hari para pasukan yunani kuno sedang berburu di hutan, disana mereka bertemu dengan raja singa, merekapun berlari ketakutan karena dikejar2 oleh sang raja singa tersebut tak lama kemudian mereka kecapean lalu mereka bertemu sebuah pohon dan kebetulan dibawah pohon tersebut ada seekor tringgiling yang membawa sebuah semangka, karena kecapean dan hauspula merekapun tak segan2 untuk merebut semangka itu dari sang tringgiling itu, karena sang tringgiling itu tak mau memberikannya pada prajurit yunani, prajurit yunanipun merasa kesal dan menendangnya sampai ia masuk ke lubang rumahnya sendiri....,,,,,

itulah tadi asal muasal sepak bola yang ngaco.....,,,
hahahahahahah......,,,
heheheheheheh......,,,
wewewewewew......,,,
kichan53 menulis on Apr 10, '09
weeeeeeeeeeee,k
cyberikhwan menulis on Jun 26, '09
kalau ada yang mengatakan sejarah sepak bola bermula dari pembunuhan cucu nabi hasan-husein..yang dipenggal kepalanya kemudian dijadikan sebagai bola dan dimainkan dipasar menurut kalian gmana..itu sejarah saudara dan itu fakta..
gd45 menulis on Jul 19, '09
bagus-bagus ya fotonya.aku mau tanya sepak bola itu asalnya dari mana?kata orang sih dari inggris, kayak di lagu london the changcuters
sf169 menulis on Sep 25, '09
Thank you, Izin Copas ya GAN....
cistocrazz menulis on Dec 1, '09
wah berarti sejarah sepak bola itu jelek y
rizkiies menulis on Feb 2, '10
5.000 sebelum Masehi: Sepakbola dimainkan di Cina dengan nama tsu chu. Selain untuk melatih fisik tentara, permainan ini dipertandingkan saat kaisar ulang tahun.
3000 sebelum Masehi: Orang Jepang memainkan KEMARI. (sepak bola ala Jepang)
2500 sebelum Masehi: Orang Mesir Kuno dan Timur Tengah memainkan sepakbola sebagai bagian dari ritual keagamaan. Hanya sedikit dokumen yang mendukung hipotesis ini. Tahun Masehi: Penemuan dokumen-dokumen sepakbola di Roma dan Yunani.
100-500: Orang Romawi menyebarkan permainan harpastrum ke wilayah Eropa.
217: Tentara Inggris mulai memainkan sepakbola setelah mengalahkan tentara Roma.
600-1600: Orang Meksiko dan Amerika Tengah membuat bola dari karet. Permainan di sana merupakan gabungan dari basket, voli dan sepakbola. Abad pertengahan: Italia, Prancis dan Eropa lainnya mulai menemukan sepakbola.
1100: Permainan bola di Inggris dilakukan dengan brutal tanpa aturan.
1314: Raja Edward II melarang sepakbola.
1369: Raja Edward III meneruskannya.
1500: Italia menemukan calcio dengan pemain satu tim lebih dari 27 orang. Permainannya sangat sederhana: mendendang, mengoper dan menggiring bola untuk di bawa ke garis gol. Belum ada gawang.
1561: Richard Mulcaster mengadopsi calcio dari Florence ini untuk diajarkan di sekolah-sekolah dasar dan menengah di Inggris.
1572: Ratu Elizabeth I serius melarang sepakbola dan menyediakan penjara bagi rakyatnya yang memaksa bermain
1600-an: Orang Eskimo juga mulai memainkan aqsaqtuk atau bermain bola di atas es. Sebuah legenda menyebut orang dari dua desa bermain aqsaqtuk dengan panjang lapangan mencapai 13 kilometer.
1680: Di Inggris bermain bola mendapat perlindungan dari Raja Charles II.
1820-an: Sepakbola mulai dimainkan di universitas-universitas Amerika Serikat seperti Harvard, Princenton, Amherst.
1830-an: Sepakbola modern mulai tumbuh. Olahraga ini dimainkan oleh para pekerja saat istirahat atau oleh anak-anak yang bermasalah di rumah atau sekolah. Kerjasama tim mulai dirumuskan.
1848: Peraturan sepakbola mulai digodok di Universitas Cambridge, Inggris.
1862: Berdiri klub Oneida di Boston, satu klub sepakbola pertama di luar Inggris.
1863: Asosiasi Sepakbola (FA) Inggris didirikan.
1871: Pertandingan pertama antar wilayah oleh FA.
1883: Empat klub Inggris setuju membentuk asosiasi klub sepakbola dunia.
1885: Pertandingan antara negara pertama di luar Inggris, antara Amerika vs Kanada.
1885: Sepakbola profesional diperkenalkan.
1886: Rapat pertama pembentukan asosiasi sepakbola dunia.
1888: Sepakbola profesional diresmikan. Wasit mengendalikan penuh pertandingan.
1888: Tendangan penalti diperkenalkan.
1904: FIFA didirikan dengan anggota Prancis, Belgia, Denmark, Belanda, Spanyol, Swiss dan Swedia.
1908: Sepakbola menjadi olahraga di Olimpiade.
1913: FIFA menjadi anggota FA Internasional.
1930: Kejuaraan Dunia pertama di Uruguay.
1938: Televisi BBC pertama kali menayangkan pertandingan sepakbola.
1958: Tayangan pertama Kejuaraan Dunia.
1966: Mulai ada tayang ulang untuk sebuah gol.
1977: Kejuaraan Dunia untuk usia di bawah 20 tahun.
1988: Kampanye fairplay.
1999: Kejuaraan pertama sepakbola perempuan.
2002: Jepang dan Korea merupakan negara pertama penyelenggara Piala Dunia di luar Eropa dan Amerika.
2004: Perayaan seratus tahun FIFA.
2006: Piala Dunia Jerman.
jeh43 menulis on Mar 24, '10
sepak bola merupakan olah raga yang paling diminati banyak orang,termasuk saya... untuk maejadi pemain bola tentunya harus berlatih keras dan jangan meniru gaya orang lain .. belajarlah dari diri sendiri....
jeh43 menulis on Mar 24, '10
tidak jelek.... justru itu bagus..... kalau sepak bola tidak ada sejrah nya tentu kita tidak akan prenh mengnal sepak bola......
filmlangka menulis on May 16, '10
numpang mampir sebentar...kali aja minat bapak ibu om dan tante...

JUAL KOLEKSI DVD LANGKA MELIPUTI :

>>> DVD SEPAKBOLA
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2671828


>>> DVD ADVENTURE /PETUALANGAN
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1812295


>>> DVD OTOMOTIF (F1 - MOTO GP DLL)
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3407930


>>> DVD BIKING / CYCLING / MTB
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3424285


>>> DVD PENAKLUK WANITA
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2366548


>>> DVD DOKUMENTER PERANG
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3342834

order hanya lewat email carpet95@gmail.com
untuk nanya nanya silahkan call 081 335 450 270 ..NO SMS.
paradiseid menulis on May 17, '10
mbak ijin copy artikel buat ngisi blog ku : http://sepakbolaparadiselovana.blogspot.com/
thanx.
twinklerainbow menulis on Jun 14, '10
cik blog,,,minta izin copy artikel tok tatapan teman2,,,
nurrifzki menulis on Feb 11, '11
ooh aku skrang sdh tau sejarah sepak bola...tp klw wktu nya knp sampai 90 menit y..?????
fansmanutd menulis on May 30, '11
sepakbola masuk di indonesia taun brp?
dikesekkesek menulis on Jul 24, '11
halaah copas wikipedia
dikesekkesek menulis on Jul 24, '11
halaah copas wikipedia !!|
scoterr menulis on Aug 13, '11
maKaCih WIkipeDiA AhkirnYa Pr qu SeLeSA!...!!!!! ThAnnKS YoU....!!!!!!!!
5panneers menulis on Sep 27, '11
prtma sepak bola itu pake tengkorak manusia bukan c?
praja17 menulis on Oct 26, '11
menurut saya sepak bola adalah permainan yg sangat mengasikkan.
pada suatu permainan ini tentu juga menantang nyali dan kekuatan.
dan pada sesuatu permainan pasti ada suatu kekalahan maupun kemenangan.
bagi seruluh pemain sepak bola jangan bersedih hati jika timnya kalah.
saya akan dukung selalu tim anda maupun terus kalah mule...
praja17 menulis on Oct 26, '11, telah disunting on Oct 26, '11
semangat lah wahai masa depan dunia...
semoga engkou bahagia dan banyak pahala...
salam dari ku nak (Depan Voxsel)
salam dari ku nak (DarurrahIm401)???
praja17 menulis on Oct 26, '11
wahai teman-teman ku berbahagiyalah dikit lagi idul adha...???
praja17 menulis on Oct 26, '11
menurut Praja17.pakar sejarah sepak bola, dalam bukunya The World Game: A History of Soccer city, sepak bola sudah dimainkan sejak awal Masehi. Saat itu, orang-orang di era Mesir Kuno sudah mengenal permainan membawa dan menendang bola yang dibuat dari buntalan kain linen. Sejarah Yunani Purba juga mencatat ada sebuah permainan yang disebut episcuro, permainan menggunakan bola. Bukti itu tergambar pada relief-relief di dinding museum yang melukiskan anak muda memegang bola bulat dan memainkannya dengan paha.

Sepak bola juga disebut-sebut berasal dari daratan Cina. Dalam sebuah dokumen militer disebutkan, sejak 206 SM, pada masa pemerintahan Dinasti Tsin dan Han, orang-orang sudah memainkan permainan bola yang disebut tsu chu. Tsu mempunyai arti "menerjang bola dengan kaki". Sedangkan chu, berarti "bola dari kulit dan ada isinya". Mereka bermain bola yang terbuat dari kulit binatang dengan cara menendang dan menggiringnya ke sebuah jaring yang dibentangkan pada dua tiang.

Jepang pun tidak mau ketinggalan. Sejak abad ke-8, konon masyarakatnya sudah mengenal permainan ini. Mereka menyebutnya sebagai Kemari. Bolanya terbuat dari kulit kijang berisi udara.

Yang menarik, ada legenda pada abad pertengahan. Konon saat itu, seluruh desa mengikuti satu permainan bola. Bola yang terbuat dari tengkorak, ditendang satu diantara warga ke arah desa tetangga. Kemudian, oleh si penerima bola di desa itu, bola dilanjutkan ditendang ke desa selanjutnya.
praja17 menulis on Oct 27, '11
hy kita bertemu lgi
praja17 menulis on Oct 27, '11
5.000 sebelum Masehi: Sepakbola dimainkan di Cina dengan nama tsu chu. Selain untuk melatih fisik tentara, permainan ini dipertandingkan saat kaisar ulang tahun.
3000 sebelum Masehi: Orang Jepang memainkan KEMARI. (sepak bola ala Jepang)
2500 sebelum Masehi: Orang Mesir Kuno dan Timur Tengah memainkan sepakbola sebagai bagian dari ritual keagamaan. Hanya sedikit dokumen yang mendukung hipotesis ini. Tahun Masehi: Penemuan dokumen-dokumen sepakbola di Roma dan Yunani.
100-500: Orang Romawi menyebarkan permainan harpastrum ke wilayah Eropa.
217: Tentara Inggris mulai memainkan sepakbola setelah mengalahkan tentara Roma.
600-1600: Orang Meksiko dan Amerika Tengah membuat bola dari karet. Permainan di sana merupakan gabungan dari basket, voli dan sepakbola. Abad pertengahan: Italia, Prancis dan Eropa lainnya mulai menemukan sepakbola.
1100: Permainan bola di Inggris dilakukan dengan brutal tanpa aturan.
1314: Raja Edward II melarang sepakbola.
1369: Raja Edward III meneruskannya.
1500: Italia menemukan calcio dengan pemain satu tim lebih dari 27 orang. Permainannya sangat sederhana: mendendang, mengoper dan menggiring bola untuk di bawa ke garis gol. Belum ada gawang.
1561: Richard Mulcaster mengadopsi calcio dari Florence ini untuk diajarkan di sekolah-sekolah dasar dan menengah di Inggris.
1572: Ratu Elizabeth I serius melarang sepakbola dan menyediakan penjara bagi rakyatnya yang memaksa bermain
1600-an: Orang Eskimo juga mulai memainkan aqsaqtuk atau bermain bola di atas es. Sebuah legenda menyebut orang dari dua desa bermain aqsaqtuk dengan panjang lapangan mencapai 13 kilometer.
1680: Di Inggris bermain bola mendapat perlindungan dari Raja Charles II.
1820-an: Sepakbola mulai dimainkan di universitas-universitas Amerika Serikat seperti Harvard, Princenton, Amherst.
1830-an: Sepakbola modern mulai tumbuh. Olahraga ini dimainkan oleh para pekerja saat istirahat atau oleh anak-anak yang bermasalah di rumah atau sekolah. Kerjasama tim mulai dirumuskan.
1848: Peraturan sepakbola mulai digodok di Universitas Cambridge, Inggris.
1862: Berdiri klub Oneida di Boston, satu klub sepakbola pertama di luar Inggris.
1863: Asosiasi Sepakbola (FA) Inggris didirikan.
1871: Pertandingan pertama antar wilayah oleh FA.
1883: Empat klub Inggris setuju membentuk asosiasi klub sepakbola dunia.
1885: Pertandingan antara negara pertama di luar Inggris, antara Amerika vs Kanada.
1885: Sepakbola profesional diperkenalkan.
1886: Rapat pertama pembentukan asosiasi sepakbola dunia.
1888: Sepakbola profesional diresmikan. Wasit mengendalikan penuh pertandingan.
1888: Tendangan penalti diperkenalkan.
1904: FIFA didirikan dengan anggota Prancis, Belgia, Denmark, Belanda, Spanyol, Swiss dan Swedia.
1908: Sepakbola menjadi olahraga di Olimpiade.
1913: FIFA menjadi anggota FA Internasional.
1930: Kejuaraan Dunia pertama di Uruguay.
1938: Televisi BBC pertama kali menayangkan pertandingan sepakbola.
1958: Tayangan pertama Kejuaraan Dunia.
1966: Mulai ada tayang ulang untuk sebuah gol.
1977: Kejuaraan Dunia untuk usia di bawah 20 tahun.
1988: Kampanye fairplay.
1999: Kejuaraan pertama sepakbola perempuan.
2002: Jepang dan Korea merupakan negara pertama penyelenggara Piala Dunia di luar Eropa dan Amerika.
2004: Perayaan seratus tahun FIFA.
2006: Piala Dunia Jerman.
praja17 menulis on Oct 28, '11
perjalanan sejarah sepak bola tidak berhemti sampai di sini doang ?
h1mur4k3n5h1n menulis on Nov 14, '11
Apa bedanya main sepak bola dan basket ya??
dynaplast menulis on Nov 19, '11
lantas siapa penemu sebenarnya permainan sepak bola itu sendiri?
dynaplast menulis on Nov 19, '11, telah disunting on Nov 19, '11
SIAPA PENEMU YANG SEBENARNYA?
tttooottt menulis on Nov 20, '11
rizalgl10} berkata
berdasarkan pengetahuanku, yang pertama membuat peraturan sepak bola adalah negara Inggris. Liat deh di en.wikipedia.org/wiki/Soccer#History.
=================================================================

[Visit www.RasaSayange.Net to send this to your friends.]

Visit for more comments.
heheheheh...tuh rhuiiyy....sudah dijawab wama mas rizalgi.....heheheheh
tttooottt menulis on Nov 20, '11
ewe deffi yok

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar