Selasa, 21 Februari 2012

Sejarah Tari Remo

Filed under: INDONESIA |
Sejarah Tari Remo – Kalau biasanya seni tari identik dengan penari wanita yang menawan, tidak dengan seni tari yang berasal dari Jombang ini.
Menurut sejarahnya, tari remo merupakan tari yang khusus dibawakan oleh penari laki – laki. Ini berkaitan dengan lakon yang dibawakan dalam tarian ini.
Pertunjukan tari remo umumnya menampilkan kisah pangeran yang berjuang dalam sebuah medan pertempuran. Sehingga sisi kemaskulinan penari sangat dibutuhkan dalam menampilkan tarian ini.
Sejarah Tari Remo
Berdasarkan perkembangan sejarah tari remo, dulunya tari remo merupakan seni tari yang digunakan sebagai pembuka dalam pertunjukan ludruk.
Namun seiring berjalannya waktu, fungsi dari tari remo pun mulai beralih dari pembuka pertunjukan ludruk, menjadi tarian penyambutan tamu, khususnya tamu – tamu kenegaraan.
Selain itu tari remo juga sering ditampilkan dalam festival kesenian daerah sebagai upaya untuk melestarikan budaya Jawa Timur.
Oleh karena itulah kini tari remo tidak hanya dibawakan oleh penari pria, namun juga oleh penari wanita. Sehingga kini muncul jenis tari remo putri.
Dalam pertunjukan tari remo putri, umumnya para penari akan memakai kostum tari yang berbeda dengan kostum tari remo asli yang dibawakan oleh penari pria.
Di mana para penari wanita akan memakai sanggul, mekak, rampak dilengkapi dengan satu selendang yang disampirkan di bahu penari.
Lain dengan kostun penari pria yang menggunakan gaya busana Surabayaan, Sawunggaling, Malangan dan Jombangan.
Sedangkan untuk tata geraknya tetap sama baik tari remo putra ataupun putri  sama – sama menonjolkan karaktersitik tari remo yang berpusat pada gerakan kaki yang rancak dan dinamis.
Pagelaran tari remo biasanya akan diiringi musik gamelan khas Jawa yang terdiri dari beberapa alat musik seperti bonang, saron, gambang dan seruling. (nn)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar