Sejarah singkat Lukisan Kaca Cirebon
Posted on 12 Februari 2008 by durian19
Konon sejak abad ke 17 Masehi, Lukisan Kaca telah dikenal di Cirebon, bersamaan dengan berkembanganya Agama Islam di Pula Jawa.Pada jamannya pemerintahan Panembahan Ratu di Cirebon, Lukisan Kaca sangat terkenal sebagai media dakwah Islam yang berupa Lukisan Kaca Kaligrafi dan berupa Lukisan Kaca Wayang.
Sejalan dengan perkembangan waktu, maka perkembangan
Lukisan Kaca masih terasa eksistensinya sebagai Cinderamata Spesifik
Khas Cirebon. Mengapa Lukisan Kaca disebut sebagai produk spesifik ?
hal itu dikarenakan Lukisan Kaca Cirebon dilukis dengan teknik melukis
terbalik, kaya akan gradasi warna dan harmonisasi nuansa dekoratif serta
menampilkan ornamen atau ragam hias Motif Mega Mendung dan Wadasan yang
kita kenal sebagai Motif Batik Cirebon. Selanjutnya perkembangan
Lukisan Kaca Cirebon boleh dikatakan “Booming” ketika pada kurun waktu
1980-1990 Sang Maestro Lukisan Kaca Cirebon TOTO SUNU menggebrak dengan
Lukisan Kaca Super Besar bahkan tidak hanya besar ukurannya tetapi
Nuansa Dekoratifnya demikian hidup dan terlihat sangat menawan. Banyak
sekali karya-karya TOTO SUNU yang menjadi koleksi para Kolektor Lukisan,
sehingga sangatlah wajar apabila Gaya dan Teknik lukisannya menjadi
kiblat para Pelukis Muda hingga saat ini.
Kalau Toto Sunu mengusung Gaya Dekoratif Modern, maka
lain lagi halnya dengan RASTIKA yang mengusung Gaya Dekoratif Klasik.
Kedua maestro Lukisan Kaca Cirebon tersebut memiliki kekuatan yang sama
dalam penuangan kreatifitasnya, justeru dengan perbedaan pada Gaya yang
dianutnya membuat Lukisan Kaca Cirebon terkenal diseantero Nusantara
bahkan Mancanegara. Kedua Kutub dengan Gaya berbeda telah melahirkan
puluhan Pelukis Muda yang berbakat dalam dunia seni lukis kaca bahkan
dari kedua tokoh tersebut sangat menentukan dalam melahirkan regenerasi
Pelukis Kaca Cirebon.
Terlepas dari semua itu, saat ini Lukisan Kaca
Cirebon banyak dijadikan sebagai objek pembinaan dan pengembangan
program peningkatan Usaha Produk Etnik yang diharapkan dapat mendongkrak
Indeks Daya Beli. Beberapa diantaranya Lukisan Kaca Cirebon saat ini
diarahkan kepada pembuatan produk massal yang lebih memungkinkan dalam
peningkatan kapasitas produksi, peningkatan teknik produksi berorientasi
pasar serta peningkatan diversifikasi produk untuk melahirkan Produk
Cinderamata yang berbasis etnik.Seperti tak pernah kenal lelah
Pemerintah Kota Cirebon melalui Disperindag dan Dekranasda Kota Cirfebon
terus berupaya untuk meningkatkan Perkembangan Lukisan Kaca Cirebon.
Kendala klasik yang menjadi halangan perkembangan
Lukisan Kaca Cirebon adalah perluasan pangsa pasar, karena tidaklah
mudah mengalihkan masyarakat konsumen dari kebutuhan secunder ke
kebutuhan primer. Kuncinya hanyalah ada pada ketersediaan produk Lukisan
Kaca yang bermutu baik, berharga murah dan terjangkau , serta mudah
dibawa dan mudah mencarinya. Hal ini membutuhkan keseriusan, ketelatenan
dan kesabaran dalam menyikapi perkembangan Lukisan Kaca Cirebon.
Akhirnya , setelah sekian abad Lukisan Kaca Cirebon
dikenal orang, masih banyak yang harus dilakukan dalam mempromosikan
produk tersebut. Salah satunya melalui Promosi Internet yang kini
menjadi sasaran dalam dunia perdagangan produk baik seni maupun
kerajinan, sementara para pengguna internet telah mewabah diseantero
jagat ini dan bukan mustahil Promosi Internet lebih banyak mamfaatnya
bagi produsen barang seni dan kerajinan termasuk Produk Lukisan Kaca
Cirebon.
Kehadiran DURIAN 19 ARTS bersama situsnya yang bernama durian19-arts.com memiliki
banyak peluang dalam promosi Produk Lukisan Kaca Cirebon , walaupun
memang bukan yang pertama dalam melakukan promosi melalui internet.
Namun setidaknya kehadiran durian19-arts.com akan melengkapi
wahana promosi bagi Pelukis Kaca Cirebon lainnya. Mudah-mudahan dengan
kehadiran situs ini akan memberikan mamfaat bagi perkembangan Lukisan
Kaca Cirebon yang dapat meningkatkan kesejahteraan bagi para Pelukis
Kaca Cirebon. Semoga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar